Share Berbagai Informasi

Pendiri Universitas Pertama : Fathimah Al Fitri


Emansipasi yang digembar-gemborkan dunia barat nyatanya lebih dulu diperbuat oleh masyarakat muslim. Para wanita muslimah jaman dulu dapat dibilang mempunyai kecakapan ilmu yang mumpuni jadi tidak jarang menjadi suatu  tempat konsultasi bagi tidak sedikit orang. Contohnya seperti Aisyah r.a yang adalah istri Nabi dimana ia menjadi tempat konsultasi bagi tidak sedikit orang mulai dari perempuan sampai laki-laki.

200 tahun kemudian, timbul wanita-wanita terpelajar lainnya yaitu Fathimah Al Fitri yang berhasil mendirikan suatu  universitas modern yang pertama. Universitas tersebut berada dalam rumit Qawariyin di Fez Maroko. Jejak berhasilnya tersebut diikuti juga oleh adiknya yang bernama Maryam serta berhasil mendirikan universitas di Andalusia Spanyol.

dibilang kedua universitas yang dibuat oleh mereka menjadi seperti kiblat bagi dunia pendidikan saat ini. Bahkan pakaian mahasiswa hasil karya Fathimah tetap tetap dipakai sekarang serta toga yang berbentuk sisi empat adalah perlambang dari bentuk Ka’bah.

Jadi apabila Kamu ingin anak perempuan yang Kamu miliki ingin cerdas serta rajin dalam belajar, cobalah ceritakan kisah Fathimah Al Fitri ini.
Back To Top