Share Berbagai Informasi

Bapak Kedokteran Islam: Ibnu Sina


Salah satu impian yang tak sedikit dilontarkan anak-anak adalah menjadi seorang dokter. Nah cobalah untuk menceritakan kisah Ibnu Sina pada anak Kamu supaya nantinya ia sanggup menjadi seorang dokter yang taat beribadah.

Dulu Ibnu Sina sanggup mengoperasi beberapa penyakit yang ada dalam tubuh manusia. Dan yang paling dikenal saat itu merupakan operasi tulang. Kenapa bisa paling dikenal? Itu sebab abad ke 11 dulu belum ada teknologi canggih semacam kini ini jadi Ibnu Sina sudah membikin sesuatu yang fenomenal.

Dalam suatu  karyanya yang berjudul Al Qanun fi At-Tibb, Ibnu Sina tak sedikit menuliskan kajiannya dan buku tersebut saat ini tetap tetap dipakai sebagai bahan rujukan bagi para dokter muslim. Bahkan dunia barat pun menjadi buku tersebut sebagai pedoman dengan diterjemahkan dahulu menjadi buku bernama Canon of Medicine.

Tak hanya berfokus pada dunia kedokteran saja, Ibnu Sina juga mendalami logika sains yang tersedia dalam fenomena alam. Ini sebab keprihatinannya bakal pandangan masyarakat yang percaya pada takhayul dan mitos. Ibnu Sina mendalami bagaimana asal muasal air dan proses terjadinya awan. Tidak hanya membikin karya mengenai kedokteran, ia pun menulis buku-buku mengenai batu, mineral dan meterology yang isinya seputar bagaimana gunung bisa terbentuk dan penyebab terjadinya gempa bumi.

Jadi apabila anak-anak bertanya mengenai kejadian alam yang ada di dunia ini, cobalah ceritakan kisah mengenai Ibnu Sina.
Back To Top