Share Berbagai Informasi

19 Keistimewaan Wanita Menurut Al Hadits


Adapun Rasulullah SAW, manusia termulia dan paling baik sepanjang masa pun mengakui dan sangat memuliakan wanita. ini buktinya :

Dari Abdullah bin ‘Amr radhiallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihiwassalam bersabda:

“Dunia ini merupakan perhiasan/kebahagiaan dan sebaik-baik perhiasan/kebahagiaan dunia merupakan wanita yang shalihah.” (HR. Muslim,Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

Dalam lafazh lain:

“Sesungguhnya dunia ini merupakan perhiasan dan tak ada di antara perhiasan dunia yang lebih baik daripada wanita yang sholihah.” (HR. Ibnu Majah)

Dalam lafazh lainnya lagi:

“Sesungguhnya dunia ini seluruhnya merupakan perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia merupakan wanita yang sholihah.” (HR. Ahmad)

Wanita dan

Telah menjadi sunnatullah bagi anak Adam diberbagi terhadap mereka beberapa kenikmatan yang mereka cintai dan dijadikan indah pandangan mereka dengannya di dunia ini sebagaimana dalam firman Alloh:

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan terhadap apa-apa yang diingini, yaitu:wanita-wanita, anak-anak, harta yang tak sedikit dari tipe emas, perak, kuda opsi, binatang-binatang ternak, dan sawah lading. Itulah kebahagiaan nasib di dunia, dan di segi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran:14)

19 Keistimewaan Wanita Menurut Hadits (ISLAM)

1. Doa wanita itu lebih makbul daripada lelaki sebab sifat penyayang yang lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya terhadap Rasulullah SAW bakal faktor tersebut, jawab baginda, "Ibu lebih penyayang daripada bapak dan doa orang yang penyayang tak bakal sia-sia."

2. Wanita yang salehah (baik) itu lebih baik daripada 1000 lelaki yang saleh.

3. Barangsiapa yang mengasyikan anak perempuannya, derajatnya semisalnya orang yang senantiasa menangis sebab takut bakal Allah. Dan orang yang takut bakal Allah SWT bakal diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.

4. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya bakal tinggal bersama aku (Rasulullah saw di dalam surga).

5. Barangsiapa mengangkat hadiah (barang makanan dari pasar ke rumah lalu diberbagi terhadap keluarganya) maka pahalanya semacam meperbuat amalan bersedekah. Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki.

6. Surga itu di bawah telapak kaki ibu.


7. Barangsiapa memiliki tiga anak perempuan alias tiga saudara perempuan alias dua anak
 perempuan alias dua saudara perempuan lalu dirinya bersikap ihsan dalam pergaulan dengan
mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa takwa dan sikap bertanggungjawab, maka baginya merupakan surga.

8. Apabila terbuktigil bakal dirimu dua orang bunda bapakmu, maka jawablah panggilan ibumu terlebih dahulu.

9. Daripada Aisyah r.a. mengatakan, "Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu daripada anak-anak perempuannya lalu dirinya berbuat baik terhadap mereka, maka mereka bakal menjadi penghalang baginya daripada api neraka."

10. Wanita yang taat berkhidmat terhadap suaminya bakal tertutuplah pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu surga. Masuklah dari mana saja pintu yang dirinya kehendaki dengan tak dihisab.

11. Wanita yang taat pada suaminya, maka semua ikan-ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan semua beristighfar baginya selagi dirinya taat terhadap suaminya dan menjaga salat dan puasanya.

12. Aisyah r.a mengatakan, "Aku bertanya terhadap Rasulullah, siapakah yang lebih besar haknya

terhadap wanita?" Jawab Rasulullah SAW "Suaminya." "Siapa pula berhak terhadap lelaki?"
Jawab Rasulullah SAW, "Ibunya."

13. Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa pada bulan Ramadhan, merawat kehormatannya dan terhadap suaminya, masuklah dirinya dari pintu surga mana saja yang dikehendaki.

14. Tiap perempuan yang membantu suaminya dalam urusan agama, maka Allah SWT memasukkan dirinya ke dalam surga terlebih dahulu daripada suaminya (10,000 tahun).

15. Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebaapabilan dan menghilangkankan darinya 1,000 kejahatan.

16. Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah SWT mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah.

17. Apabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dirinya dari dosa-dosa semacam keadaan ibunya melahirkannya.

18. Apabila telah lahir anak lalu disusui, maka bagi bunda itu setiap satu tegukan daripada susunya diberi satu kebaapabilan.

19. Apabila semalaman seorang bunda tak tidur dan merawat anaknya yang sakit, maka Allah SWT memberinya pahala semacam memerdekakan 70 orang hamba dengan ikhlas untuk membela agama Allah SWT.
Tag : Insipratif
Back To Top